Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ASN BTN Siberut Berjalan Lancar

Kepala Balai Taman Nasional Siberut Menyerahankan Plakat kepada Komandan Kodim 0319/Mentawai

Tuapejat -  Dalam rangka meningkatkan kapasitas ASN BTN Siberut, Selasa, 25 Mei 2021 bertempat di Markas Komando Distrik Militer 0319 Mentawai di Tuapejat, ibukota Kab. Kepulauan Mentawai, Balai TN Siberut atas dukungan Kodim 0319/Mentawai dan POLRES Kepulauan Mentawai melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas ASN Lingkup BTN Siberut. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ASN BTN Siberut tentang perlindungan dan pengamanan kawasan dan dasar-dasar wawasan kebangsaan serta bela negara. Selain itu membangun hubungan harmonis dan sinergitas dengan TNI dan Polri dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, kepala resort dan perwakilan fungsional tertentu dan umum BTN Siberut. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penangangan covid. Setiap peserta diwajibkan untuk mengikuti Swab PCR atau Antigen dengan hasil negatif. 

Kegiatan pada tahun ini dilaksanakan dengan tema "Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Bagi ASN BTN Siberut ". Tema tersebut didasarkan atas keberadaan kawasan atau wilayah kerja TN Siberut yang berada di Pulau Siberut yang termasuk pulau terluar sebagai batas Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga diharapkan setiap ASN BTN Siberut memiliki pengetahuan dasar tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TN Siberut, Lugi Hartanto, dalam sambutannya agar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi ASN BTN Siberut juga memiliki pemahaman tentang dasar-dasar bela negara di lapangan dapat sinergis dengan seluruh stakeholders termasuk TNI dan Polri.

Foto Bersama Wakapolres, Kepala Balai Taman Nasional Siberut, dan Komandan Kodim 0319/Mentawai

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Waka POLRES Kepulauan Mentawai, Kompol B. Sumanjuntak, S.H tentang Kebijakan Pengamanan Wilayah Kep. Mentawai dan Tipihut. 

Sesi berikutnya disampaikan oleh Komandan Kodim 0319/Mentawai, Bapak Letkol Czi. Bagus Mardyanto, ST, M.Tr (han) tentang Wawasan Kebangsaan dan Dasar-Dasar Bela Negara. 

Pada sesi terakhir dilaksanakan kegiatan penanaman pohon Sukun oleh Kepala BTN Siberut dilanjutkan Simulasi dan Praktek tentang Dasar-Dasar Bela Negara oleh Tim Kodim 0319/Mentawai. 

Kedepan diharapkan terbangun sinergitas dalam melaksanakan tugas antara BTN Siberut, Kodim 0319/Mentawai dan Polres Kepulauan Mentawai. Bagi BTN Siberut, selain tugas pokok dalam rangka  pengelolaan kawasan konservasi khususnya di wilayah TN Siberut, diharapkan setiap ASN BTN Siberut memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.