Konsultasi Publik Review Zonasi Taman Nasional Siberut

Konsultasi Publik Review Zonasi Taman Nasional Siberut
Tuapejat, 8 Oktober 2020 - Balai Taman Nasional Siberut mengadakan konsultasi publik “Review Zonasi Taman Nasional Siberut”. Acara yang digelar di aula rapat kantor Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Kepulauan Mentawai dihadiri para pihak antara lain Bapak Bupati dan Sekda Kab. Kepulauan Mentawai via Zoom Meeting, Wakil Bupati Kab. Kep. Mentawai; Komandan Kodim 013/Mentawai; Kepala BAPPEDA Kab Kep Mentawai; Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab Kep Mentawai; Kadis PUPR Kab. Kep. Mentawai; Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab Kep Mentawai; Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab Kep Mentawai; Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab Kep Mentawai; Kalaksa BPBD Kab Kep Mentawai; Kepala KPHP Kab Kep Mentawai; Camat Siberut Barat; Camat Siberut Selatan; Camat Siberut Utara; Camat Siberut Tengah; Camat Siberut Barat Daya; Kades Bojakan; Kades Matotonan; dan Kades Sagulubbeg berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.


Kegiatan konsultasi publik review zonasi Taman Nasional Siberut bertujuan dalam rangka mensosialisasikan rencana penataan zonasi yang telah disesuaikan dengan kondisi eksisting di lapangan serta memperoleh masukan dari instansi terkait dan masyarakat yang berada di dalam kawasan. Review Zonasi Taman Nasional Siberut ditekankan kepada tuntutan tata kelola kawasan yang lebih adaptif dengan mengakomodir potensi, perubahan dan permasalahan fisik dalam kawasan taman nasional, perubahan pola pemanfaatan masyarakat, pengembangan insfrastruktur, pertahanan dan keamanan negara, serta pengembangan kebutuhan wisata alam di Taman Nasional Siberut.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari Wabup Kab. Kep. Mentawai dan Paparan Kabalai BTN Siberut ttg Proses Review Zonasi, kemudian presentasi Hasil Revisi Zonasi TN Siberut oleh Ka. SPTN Wilayah I, presentasi Cagar Biosfer oleh Kepala BAPPEDA Kab Kep Mentawai dan dilanjutkan dengan pembahasan dan diskusi. Dalam sambutannya Wakil Bupati berharap fungsi KK khususnya TN Siberut sebagai perlindungan dan pelestarian tetap harus dipertahankan dan pemberian akses masyarakat perlu diperhatikan juga.

Pembahasan dan diskusi selama konsultasi publik berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Konsultasi Publik oleh Wabup Kab. Kep. Mentawai, Kepala BAPPEDA, Kadis PUPR, Kadis LH dan Kebersihan Kab Kep Mentawai, Camat Siberut Barat, Camat Siberut Selatan, Kades Matotonan dan Kades Sagulubbeg.


Sumber : http://ksdae.menlhk.go.id/info/8751/konsultasi-publik-review-zonasi-taman-nasional-siberut.html